Parenting dan Anak
7 Cara Mengatasi Kesulitan Mengajarkan Anak Ngaji

7 Cara Mengatasi Kesulitan Mengajarkan Anak Ngaji
Ayah Bunda mengaji adalah kewajiban bagi setiap muslim. Seperti pada surat Al Muzammil ayat 20 yang berbunyi “karena itu bacalah apa yang mudah dari Al-Qur’an..”. Kewajiban orang tua salah satunya adalah mengajarkan dan membiasakan anak ngaji setiap hari. Sudah kah ? atau sulit kah ? mumpung si kecil masih kecil, yuk kita biasakan. agar anak suka mengaji lakukan beberapa cara berikut ini:

7 Cara Mengatasi Kesulitan Mengajarkan Anak Ngaji

Ayah Bunda mengaji adalah kewajiban bagi setiap muslim. Seperti pada surat Al Muzammil ayat 20 yang berbunyi “karena itu bacalah apa yang mudah dari Al-Qur’an..”. Kewajiban orang tua salah satunya adalah mengajarkan dan membiasakan anak ngaji setiap hari. Sudah kah ? atau sulit kah ? mumpung si kecil masih kecil, yuk kita biasakan.  agar anak suka mengaji lakukan beberapa cara berikut ini:

Waktu Mengaji
Carilah waktu yang cocok untuk mulai membiasakan si kecil mengaji. Atur jadwal si kecil dengan sebaik-baiknya, dan sebelumnya, beri penjelasan kepada si kecil mengenai jadwal yang akan dilaksanakan tersebut. Kapan si kecil boleh bermain, kapan wajib beristirahat, kapan belajar, makan, mandi dan aktifitas harian lainnya

Penjelasan Kenapa Harus Mengaji
Berilah arti yang jelas dan padat mengenai argumen mengapa si kecil wajib belajar mengaji. Dan mengapa ia wajib meluangkan sedikit waktunya untuk mengaji dan ibadah-ibadah yang lainnya. Melakukan komunikasi dan bertukar pendapat atau pikiran kepada si kecil agar memperoleh cerminan mengenai pendapat si kecil atas apa yang dikerjakan. Si kecil juga bakal terbiasa mengeluarkan unek-uneknya dan ia bakal merasa dihargai. Jadi perlahan-lahan ia bakal berusaha untuk mengikuti apa yang Ayah Bunda paparkan

Keteladanan Orang Tua
Keteladanan. Si kecil pasti bakal meniru orangtuanya. Apa yang dikerjakan oleh orangtuanya pasti bakal lebih bisa mengecap di otaknya dibandingkan yang orang lain perbuat. Untuk menanamkan kebiasaan baik, Ayah Bunda wajib terlebih dahulu mencontohkannya terhadap si kecil. Bahkan dengan mencontohkannya saja, si kecil bakal dan merta mengikuti tanpa wajib Ayah Bunda perintahkan terlebih dahulu. Sebab si kecil merupakan peniru ulung. Ada saja hal-hal yang bisa ditirunya.

baca juga : solusi mengenalkan Rasulullah Kepada Anak

Al-Qur'an Pilihan
Ciptakan suasana yang selalu ada dengan Al-Qur'an. Misalnya; memperdengarkan murattal dan mendekatkan si kecil dengan orang-orang yang juga suka mengaji atau membaca Al-Qur'an. Berilah penjelasan kepada si kecil mengenai kelebihan orang yang suka membaca Al-Qur'an.

Disiplin dan Konsisten
Disiplin dan konsisten dalam membiasakan dan mengajarkan si kecil mengaji. Jika si kecil sedang tidak mood, berilah rangsangan agar si kecil mau belajar membaca Al Quran. Berkreasilah dalam mengelola mood si kecil dengan melakukan aneka tutorial pembelajaran. Bisa dengan suasana santai, dan tak memberatkan si kecil.

baca juga : 5 Cara Agar Anak Mau Solat

Sabar dan Kreatif Belajar Mengaji
Apabila nyatanya si kecil belum lancar mengaji, ajarkanlah dengan berangsur-angsur dan dengan kesabaran ekstra. Gunakan metode pembelajaran yang beraneka ragam jadi tak membuat si kecil jenuh. Kini ini tak sedikit sekali perkembangan tutorial membimbing si kecil dan juga media pembelajaran yang terus beragam. Tugas Ayah Bunda bakal terbantu dengan keberadaan media-media tersebut

Rewards
Berbagi apresiasi setiap kali si kecil melakukan hal baik dan mengaji. Apresiasi yang dimaksudkan merupakan sesuatu yang sifatnya tulus dan menentramkan, sehigga si kecil semangat untuk mengulang kebaikan tersebut.

Melatih si kecil untuk meperbuat hal-hal baik itu pasti menjadi sesuatu yang tak bisa disepelekan. Sebab erat kaitannya dengan pembangunan karakter si kecil hingga nanti ketika si kecil dewasa. Karakter baik tersebut telah tertanamkan ke dalam jiwanya. Apalagi untuk menanamkan pembiasaan mengaji pada si kecil membutuhkan keseriusan, kesabaran dan perhatian orangtua. Dengan mengajari si kecil membaca Al-Qur'an, pastinya Ayah Bunda  juga wajib terlebih dahulu bisa membaca Al-Qur'an. Sebab apabila Ayah Bundanya saja tak terbiasa membaca Al-Qur'an, bagaimana menyuruh si kecil mengaji? Orang tua adalah guru yang baik, untuk itu mulailah dulu dari Ayah Bunda atau diri sendiri, lalu mulai menularkannya terhadap si kecil. Menanamkan kebiasaan baik terhadap si kecil, wajib dari hati. Tak ada paksaan apalagi hingga mendzalimi hak anak.








Parenting dan Anak Lainnya
Penting Untuk Diketahui: 4 Target Orang Tua Untuk Anak
Penting Untuk Diketahui: 4 Target Orang Tua Untuk Anak
Rabu, 27 September 2017 11:45 WIB
Terkadang orang tua bingung, nilai-nilai apa saja yang harus dipahamkan kepada anak. Bahkan ada sebagian orang tua yang bingung, harus seperti apa saya sebagai orang tua, apa mengalir begitu saja? Padahal orangtua adalah murobbi=> pendidik => Partner belajar anak orangtua bukan mudarris/ guru/pengajar. Berikut adalah 4 Target orangtua kepada anak:
SK Program Nabung Buku SDI
SK Program Nabung Buku SDI
Rabu, 07 Maret 2018 08:09 WIB
MENIMBANG: 1. Perlunya program baru untuk memudahkan pelanggan-pelanggan SDI dalam membeli bukubuku SDI. 2. Perlunya program baru untuk memudahkan SLC dalam memasarkan produk ke pelanggan degan cara menabung.
Tafsir Singkat Ibnu Katsir: “Maka Serahlah kepada-Ku orang orang yang mendustakan Al Quran”.
Tafsir Singkat Ibnu Katsir: “Maka Serahlah kepada-Ku orang orang yang mendustakan Al Quran”.
Kamis, 02 Februari 2017 09:40 WIB
Ayah Bunda, jika Allah menimpakan suatu becanda, maka tidak ada yang bisa menghilangkannya selain Allah. Dan jika Allah mendatangkan kebaikan kepadamu, maka Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Seperti kasus yang terjadi di Indonesia kini, diterangkan pada surat Al Qalam ayat 44. Berikut tafsir singkatnya.
Dibalik Kisah “Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia”
Dibalik Kisah “Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia”
Jum'at, 28 Oktober 2016 03:06 WIB
Ayah Bunda, Indonesia memiliki hari-hari bersejarah. Salah satu hari bersejarah di Indonesia adalah hari sumpah pemuda yang bertepatan pada tanggal 28 Oktober. Tak banyak pemuda Indonesia yang mengetahui hari sumpah pemuda. Ayah Bunda bisa membantu menceritakan kisah dibalik sumpah pemuda kepada anak, agar menjadi penerus bangsa yang lebih tangguh dari para pahlawan. Berikut kisahnya.

Perlu Bantuan?

Hai, Saya Arifunasiin Anda memerlukan bantuan saat belanja produk? Asisten belanja Anda siap membantu Anda, atau Anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang produk-produk kami silahakan hubungi saya.

Hubungi Saya Tentang Saya