Kisah Hikmah
Ternyata Istri Rasulullaah Adalah Seorang Dokter

Ternyata Istri Rasulullaah Adalah Seorang Dokter
Ayah Bunda, jika kita menilik kembali sejarah, maka kita bisa menemukan beberapa Sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang memiliki andil dalam dunia kesehatan. Walaupun belum ada sahabat yang focus di bidang kesehatan, mereka memahami bagaimana treatment penyembuhan kepada orang yang mengidap penyakit tertentu. Siapa sangka sahabat yang ahli dalam bidang kesehatan, salah satunya adalah ’Aisyah binti Abu Bakar radhiallahu ‘anha Atha’ berkata, “Aisyah adalah wanita yang paling faqih dan pendapat-pendapatnya adalah pendapat yang paling membawa kemaslahatan untuk umum.” (Siyar A’lam An-Nubala’ 2/185)

Ayah Bunda, jika kita menilik kembali sejarah, maka kita bisa menemukan beberapa Sahabat Rasulullah shallallahu  ‘alaihi wa sallam  yang memiliki andil dalam dunia kesehatan. Walaupun belum ada sahabat yang focus di bidang kesehatan, mereka memahami bagaimana treatment penyembuhan kepada orang yang mengidap penyakit tertentu. Siapa sangka sahabat yang ahli dalam bidang kesehatan, salah satunya adalah ’Aisyah binti Abu Bakar radhiallahu ‘anha
Atha’ berkata, “Aisyah adalah wanita yang paling faqih dan pendapat-pendapatnya adalah pendapat yang paling membawa kemaslahatan untuk umum.” (Siyar A’lam An-Nubala’  2/185)
 
Kecerdasan ‘Aisyah radhiallahu ‘anha tercermin dari pintarnya ia juga dalam ilmu kedokteran yang membuat orang lain kagum, ia hanya sekedar mendengar dan menyaksikan tanpa ada yang mengajarkan secara langsung.
 
Hisyam bin Urwah menceritakan dari ayahnya yang berkata,
 
“Sungguh aku telah bertemu dengan Aisyah, maka aku tidak mendapatkan seorangpun yang lebih pintar darinya tentang Al Qur’an, hal-hal yang fardhu, sunnah, sya’ir, yang paling banyak meriwayatkan, sejarah Arab, ilmu nasab, ilmu ini, ilmu itu dan ilmu qhadi dan ilmu kedokteran, maka aku bertanya kepada beliau, “Wahai bibi, kepada siapa anda belajar tentang ilmu kedokteran?” Maka beliau menjawab, “Tatkala aku sakit, maka aku perhatikan gejala-gejalanya dan aku mendengar dari orang-orang menceritakan perihal sakitnya, kemudian aku menghafalnya.” ( Hilyatul Auliya’ 2/49)
 
Suatu saat Hisyam bin Urwah berkata kepada ‘Aisyah radhiallahu ‘anha,
 
 “Wahai ibu (ummul mukminin), saya tidak heran/takjub engkau pintar ilmu fiqh karena engkau adalah Istri Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan anak Abu Bakar. Saya juga tidak heran/takjub engkau ointar ilmu Sya’ir dan sejarah manusia (Arab) karena engkau adalah anak Abu Bakar dan Abu bakar adalah manusia yang paling pandai (mengenai sya’ir dan sejarah Arab). Akan tetapi saya heran/takjub engkau pintar ilmu kedokteran, bagaimana dan darimana engkau mempelajarinya?
 
Kemudian ia memegang kedua pundakku dan berkata,
 
Setiap utusan kabilah yang datang dari berbagai penjuru yang datang untuk mengobati sakit Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pada akhir hayatnya, maka aku mengamati/pelajari dari mereka dan aku mengobati dengan ilmu dari sana.” (Hilyatul Auliya’ 2/50)
 
Ibnu Abdil Barr Berkata,
 
 “Aisyah adalah satu-satunya wanita di zamannya yang memiliki kelebihan dalam tiga bidang ilmu: ilmu fiqih, ilmu kedokteran, dan ilmu syair.”

sumber: muslimafiyah.com
 









Kisah Hikmah Lainnya
Adab Pulang dari Mudik
Adab Pulang dari Mudik
Jum'at, 01 Juli 2016 03:47 WIB
Ayah Bunda sebelum kita pulang ke kota asal, kita cek yu apa aja ya adab-adab pulang dari mudik. Memperhatikan adab mudik dapat menambah berkah perjalanan kita, insyaaAllah.
Pembangunan Tembok Pemisah Israel dan Tepi Barat Sudah Sejauh 10 KM !
Pembangunan Tembok Pemisah Israel dan Tepi Barat Sudah Sejauh 10 KM !
Senin, 06 Februari 2017 09:12 WIB
Situs berbahasa Ibrani, Walla, memberitakan pasukan penjajah telah menyelesaikan bagian 10 kilometer dari tembok pemisah ‘Israel’ di selatan Tepi Barat terjajah distrik Al-Khalil. Menurut Walla, perintah untuk menyelesaikan pembangunan tembok di daerah tersebut merupakan hukuman balasan terhadap serangan penembakan mematikan di Tel Aviv yang dilakukan warga Palestina asal desa Yatta di Al-Khalil Juni tahun lalu.
3 Amalan Penghapus Dosa
3 Amalan Penghapus Dosa
Kamis, 16 November 2017 10:52 WIB
Manusia setiap hari membuat dosa dan kesalahan, yang jika terus menumpuk akan merusak jiwanya. Akan tetapi Allah subhanahu wa ta’ala dengan kasih sayang-Nya, telah memberikan jalan bagi kita untuk memperbaiki diri kita di hadapan-Nya, dengan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajat kita.
Mengapa Bencana atau Musibah Itu Baik Bagi Seorang Muslim?
Mengapa Bencana atau Musibah Itu Baik Bagi Seorang Muslim?
Rabu, 22 Februari 2017 09:33 WIB
Sungguh mengagumkan urusan orang muslim. Jika ia ditimpa musibah dia bersabar dan jika ia ditimpa kesenangan dia bersyukur. Semua urusan orang muslim adalah baik. Masalah demi masalah yang di hadapi oleh seorang muslim, sudah diukur oleh Allah sehingga ia dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Perlu Bantuan?

Hai, Saya Arifunasiin Anda memerlukan bantuan saat belanja produk? Asisten belanja Anda siap membantu Anda, atau Anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang produk-produk kami silahakan hubungi saya.

Hubungi Saya Tentang Saya