Inspirasi
Ternyata yang Membuat Senjata Bambu Runcing Adalah Gurunya Jendral Soedirman

Ternyata yang Membuat Senjata Bambu Runcing Adalah Gurunya Jendral Soedirman
Perjuangan para pahlawan tempo dulu memang tidak bisa dianggap main main. Bagaimana bisa alat alat berat seperti tank, pistol, mengalahkan bamboo runcing? Pernah kah Ayah Bunda ingin tau siapa yang sebenernya membuat bamboo runcing? Yuk kita simak.

Perjuangan para pahlawan tempo dulu memang tidak bisa dianggap main main. Bagaimana bisa alat alat berat seperti tank, pistol, mengalahkan bambu runcing? Pernah kah Ayah Bunda ingin tau siapa yang sebenernya membuat bamboo runcing? Yuk kita simak.
 
ASAL-USUL BAMBU RUNCING
 
Sampai kini masih belum diketahui dengan jelas mengenai asal senjata yang satu ini, akan tetapi dalam satu versi yang sangat umum adalah berasal dari seorang kiai hebat yang ada di Indonesia. Kiai hebat itu bernama Subchi seorang ulama Parakan yang digadang sebagai seorang yang menggagas senjata yang sangat populer di Indonesia ini.

Rupanya pada saat masa penjajahan, banyak sekali para santri yang juga ikut berjuang menghadapi para penjajah. Sebelumnya mereka para santri ini selalu sowan pada kiai Subchi, dan disanalah mereka dibekali dengan senjata bambu runting. Usai diajarkan doa-doa yang harus dipanjatkan kala menghadapi para penjajah oleh Kiai Subchi, para santri itu pun dengan berani turun ke medan tempur dan menghadapi para penjajah dengan Bambu Runcing.
 
BUKAN SEORANG ULAMA BIASA
 
Banyak sekali julukan yang diberikan dari Kiai yang satu ini, mulai dari bambu runcing sampai dengan sang penggerak. Berkat jasa Beliau para santri dan juga pejuang berani menghadapi para penjajah. Selain itu, beliau juga dikenal merupakan seorang yang sangat alim. Menjadi anak dari salah satu ulama yang paling ternama, Kiai Wahab, Kiai Subchi di didik dengan pondasi agama yang begitu kuat.

Atas komando yang Beliau berikan para laskar-laskar pun dibentuk dan siap membantu TKR dalam memperebutkan kemerdekaan di Indonesia. Beliau juga dikenal adalah seorang guru pahlawan hebat Indonesia, Jenderal Soedirman.
 
KEHEBATAN YANG DIKENAL SEPANJANG MASA
 
Usai para santri disuruhnya untuk membuat senjata bambu runcing, rupanya popularitas senjata ini pun menyebar sampai kemana-mana. Ya, berkat senjata ini jugalah banyak peperangan yang berhasil dimenangkan. Para pejuang dan juga santri yang ada di Indonesia semuanya menggunakan senjata ini untuk senjata utama mereka.

Konon kala itu senjata ini memiliki kesakitan tersendiri pada masa perjuangan yang selalu berhasil membuat peperangan dimenangkan. Usut punya usut kesaktian yang ada pada bambu runcing itu adalah berkat doa dari Kiai Subchi yang ia tuliskan di atas bambu runting tersebut. Usai bambu runcing itu di beri doa, maka para pemuda santri pun menjadi lebih bersemangat dan berhasil mengalahkan para penjajah.

 
PENJAJAH PALING TIDAK MAU JIKA HARUS BERHADAPAN DENGAN BAMBU RUNCING

 
Konon katanya nih Ayah Bunda para penjajah paling tidak mau jika harus menghadapi para pejuang yang menggunakan senjata ini, bukan mau disini berarti jika penjajah itu paling takut jika harus berhadapan dengan para pejuang yang menggunakan senjata bambu runcing.
Karena tusukan bambu runcing itu merupakan hal yang sangat menyakitkan, dan mematikan tidak heran jika para penjajah tidak berani menghadapi para pejuang yang menggunakan senjata bambu runcing.

 
sumber: hanyatauaja.com








Inspirasi Lainnya
Mempersiapkan Hari Pertama Sekolah
Mempersiapkan Hari Pertama Sekolah
Selasa, 12 Juli 2016 06:34 WIB
Hari pertama sekolah adalah momen penting bagi Ayah, Bunda dan si kecil. Segala macam persiapan untuk menyambut hari pertama sekolah dilakukan agar si kecil siap memasuki dunia barunya. Jika persiapan tidak matang, dapat menimbulkan perasaan malu atau bahkan enggan sekolah lagi. Ayah Bunda untuk mengantisipasi itu semua, kali ini kita akan membahas persiapan hari pertama sekolah bagi si kecil.
 Jam Berapa Batas Waktu Berniat Shaum Ramadhan?
Jam Berapa Batas Waktu Berniat Shaum Ramadhan?
Jum'at, 26 Mei 2017 09:53 WIB
Yang perlu diketahui adalah batasan waktu niat berpuasa. Jumhur (kebanyakan) ahli fiqh berpendapat bahwa yang wajib adalah membangun niat sejak malam, yakni ditetapkannya niat pada sebagian dari malam sebelum munculnya fajar. Mereka beralasan dengan hadist marfu’ yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar dari Hafsah, beliau bersabda, “Barangsiapa tidak menetapkan puasa sebelum fajar maka tiada puasa baginya” HR Ahmad.
Tips Memilih Busana dan Kerudung Sesuai Warna Kulit Wanita
Tips Memilih Busana dan Kerudung Sesuai Warna Kulit Wanita
Jum'at, 29 Juli 2016 07:51 WIB
Ada sebagian Bunda yang memakai warna baju dan kerudung tidak sesuai dengan warna kulit. Biasanya mereka mengutamakan rasa nyaman, cepat, simple, dan mudah padahal setiap kulit mempunyai warna andalannya masing-masing.
4 Cara Agar Ibu Lebih Siap Menghadapi Anak yang Rewel
4 Cara Agar Ibu Lebih Siap Menghadapi Anak yang Rewel
Rabu, 22 November 2017 11:02 WIB
Seorang Bunda adalah seorang manusia tangguh dan kuat karena harus menjaga suami dan anak-anaknya. Bunda pun mempunyai peranan yang sangat penting dalam kesuksesan suami dan anak, bahkan ada pepatah mengatakan bahwa “Jika Ingin mengetahui keberhasilan suatu negara, maka lihatlah para wanitanya”. Keberhasilan seorang Bunda tak lepas dari yang namanya “kesabaran”. Ada beberapa hal penting yang bisa kita lakukan sehubungan dengan malatih diri kita sebagai orangtua dalam upaya meningkatkan kemampuan pengendalian emosi, antara lain adalah :

Perlu Bantuan?

Hai, Saya Arifunasiin Anda memerlukan bantuan saat belanja produk? Asisten belanja Anda siap membantu Anda, atau Anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang produk-produk kami silahakan hubungi saya.

Hubungi Saya Tentang Saya