Inspirasi
Ternyata yang Membuat Senjata Bambu Runcing Adalah Gurunya Jendral Soedirman

Ternyata yang Membuat Senjata Bambu Runcing Adalah Gurunya Jendral Soedirman
Perjuangan para pahlawan tempo dulu memang tidak bisa dianggap main main. Bagaimana bisa alat alat berat seperti tank, pistol, mengalahkan bamboo runcing? Pernah kah Ayah Bunda ingin tau siapa yang sebenernya membuat bamboo runcing? Yuk kita simak.

Perjuangan para pahlawan tempo dulu memang tidak bisa dianggap main main. Bagaimana bisa alat alat berat seperti tank, pistol, mengalahkan bambu runcing? Pernah kah Ayah Bunda ingin tau siapa yang sebenernya membuat bamboo runcing? Yuk kita simak.
 
ASAL-USUL BAMBU RUNCING
 
Sampai kini masih belum diketahui dengan jelas mengenai asal senjata yang satu ini, akan tetapi dalam satu versi yang sangat umum adalah berasal dari seorang kiai hebat yang ada di Indonesia. Kiai hebat itu bernama Subchi seorang ulama Parakan yang digadang sebagai seorang yang menggagas senjata yang sangat populer di Indonesia ini.

Rupanya pada saat masa penjajahan, banyak sekali para santri yang juga ikut berjuang menghadapi para penjajah. Sebelumnya mereka para santri ini selalu sowan pada kiai Subchi, dan disanalah mereka dibekali dengan senjata bambu runting. Usai diajarkan doa-doa yang harus dipanjatkan kala menghadapi para penjajah oleh Kiai Subchi, para santri itu pun dengan berani turun ke medan tempur dan menghadapi para penjajah dengan Bambu Runcing.
 
BUKAN SEORANG ULAMA BIASA
 
Banyak sekali julukan yang diberikan dari Kiai yang satu ini, mulai dari bambu runcing sampai dengan sang penggerak. Berkat jasa Beliau para santri dan juga pejuang berani menghadapi para penjajah. Selain itu, beliau juga dikenal merupakan seorang yang sangat alim. Menjadi anak dari salah satu ulama yang paling ternama, Kiai Wahab, Kiai Subchi di didik dengan pondasi agama yang begitu kuat.

Atas komando yang Beliau berikan para laskar-laskar pun dibentuk dan siap membantu TKR dalam memperebutkan kemerdekaan di Indonesia. Beliau juga dikenal adalah seorang guru pahlawan hebat Indonesia, Jenderal Soedirman.
 
KEHEBATAN YANG DIKENAL SEPANJANG MASA
 
Usai para santri disuruhnya untuk membuat senjata bambu runcing, rupanya popularitas senjata ini pun menyebar sampai kemana-mana. Ya, berkat senjata ini jugalah banyak peperangan yang berhasil dimenangkan. Para pejuang dan juga santri yang ada di Indonesia semuanya menggunakan senjata ini untuk senjata utama mereka.

Konon kala itu senjata ini memiliki kesakitan tersendiri pada masa perjuangan yang selalu berhasil membuat peperangan dimenangkan. Usut punya usut kesaktian yang ada pada bambu runcing itu adalah berkat doa dari Kiai Subchi yang ia tuliskan di atas bambu runting tersebut. Usai bambu runcing itu di beri doa, maka para pemuda santri pun menjadi lebih bersemangat dan berhasil mengalahkan para penjajah.

 
PENJAJAH PALING TIDAK MAU JIKA HARUS BERHADAPAN DENGAN BAMBU RUNCING

 
Konon katanya nih Ayah Bunda para penjajah paling tidak mau jika harus menghadapi para pejuang yang menggunakan senjata ini, bukan mau disini berarti jika penjajah itu paling takut jika harus berhadapan dengan para pejuang yang menggunakan senjata bambu runcing.
Karena tusukan bambu runcing itu merupakan hal yang sangat menyakitkan, dan mematikan tidak heran jika para penjajah tidak berani menghadapi para pejuang yang menggunakan senjata bambu runcing.

 
sumber: hanyatauaja.com








Inspirasi Lainnya
Kata Kak Seto Tentang Berani Bicara dan Kreatif
Kata Kak Seto Tentang Berani Bicara dan Kreatif
Kamis, 02 November 2017 10:52 WIB
"Saat ini banyak orang tua yang jarang membacakan dongeng kepada anak, padahal anak yang secara rutin mendengarkan dongeng bisa melatih anak supaya berani bicara dan kreatif" hal ini disampaikan oleh Kak Seto sebagai ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia saat menjadi pembicara dalam workshop minat baca di Jawa Timur.
Manfaat ASI Bagi Bayi & Bunda
Manfaat ASI Bagi Bayi & Bunda
Rabu, 12 Maret 2014 07:26 WIB
sygmadayainsani.co.id - Manfaat ASI Bagi Bayi & Bunda. Allah Swt selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya, termasuk pemberian makanan awal bagi bayi yang baru lahir berupa Air Susu Ibu (ASI). Para ibu pun disarankan memberikan ASI kepada anaknya sejak lahir hingga dua tahun. Manfaat A
4 Keutamaan di Bulan Muharram
4 Keutamaan di Bulan Muharram
Minggu, 02 Oktober 2016 03:00 WIB
Ayah Bunda, Alhamdulillah kita memasuki bulan Muharram 1438 H, yang berarti mengawali tahun baru 1438 H dan meninggalkan tahun 1437 H. Semoga ditahun ini kita dapat menjalankan ibadah lebih baik lagi. Dan semoga kita serta seluruh umat Islam lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. Apakah tahun baru Islam sama seperti tahun baru yang lain? Kita pelajari yuk keutamannya.
Mendidik Anak Ala Zakir Naik
Mendidik Anak Ala Zakir Naik
Senin, 03 April 2017 09:50 WIB
Dalam ceramah Dr. Zakir Naik, ada seorang wanita muda yang menanyakan kepada beliau “Bagaimana Anda membesarkan putri Anda menjadi penceramah internasional yang sukses? Sedangkan wanita dianggap lemah dan rapuh”.

Perlu Bantuan?

Hai, Saya Arifunasiin Anda memerlukan bantuan saat belanja produk? Asisten belanja Anda siap membantu Anda, atau Anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang produk-produk kami silahakan hubungi saya.

Hubungi Saya Tentang Saya