Inspirasi
Jokowi: Penguatan Karakter Dilaksanakan 6 atau 5 Hari Dalam Seminggu

Jokowi: Penguatan Karakter Dilaksanakan 6 atau 5 Hari Dalam Seminggu
Pendidikan karakter di Indonesia yang kian memprihatinkan, kini mendapat perhatian khusus dari Presiden. Setelah melalui berbagai kajian dan masukan, Presiden Joko Widodo akhirnya resmi menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Pendidikan Karakter, yang sebelumnya Permendikbud tentang Hari Sekolah. "Jadi baru saja saya tanda tangani mengenai Perpres Penguatan Pendidikan Karakter, didampingi oleh para kiai dan pimpinan ormas," ucap Presiden Jokowi dalam jumpa pers di Istana Merdekea, Jakarta, Rabu (6/9).

Pendidikan karakter di Indonesia yang kian memprihatinkan, kini mendapat perhatian khusus dari Presiden. Setelah melalui berbagai kajian dan masukan, Presiden Joko Widodo akhirnya resmi menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Pendidikan Karakter, yang sebelumnya Permendikbud tentang Hari Sekolah.
"Jadi baru saja saya tanda tangani mengenai Perpres Penguatan Pendidikan Karakter, didampingi oleh para kiai dan pimpinan ormas," ucap Presiden Jokowi dalam jumpa pers di Istana Merdekea, Jakarta, Rabu (6/9).

Turut hadir beberapa ulama ormas Islam dalam jumpa pers itu, termasuk Mendikbud Muhadjir Effendy, Menristekdikti M Nasir dan Menko PMK Puan Maharani.
Jokowi mengaku senang Perpres yang diterbitkan untuk menguatkan pendidikan karakter di sekolah itu didukung ulama dan banyak pihak.

"Memang Perpres ini kita siapkan berdasarkan masukan-masukan dari pimpinan-pimpinan ormas yang ada, baik dari NU, dari Muhammadiyah, dari Al-Irsyad, dari Al-Wasilah, dari Perti, dari MUI, dari ICMI," ujarnya.

"Semuanya memberikan masukan, sehingga Perpres ini betul-betul sebuah Perpres yang komprehensif dan nantinya akan ditindaklanjuti dengan membuat petunjuk pelaksanaan, petunjuk teknis, sehingga penerapan implementasi di lapangan betul-betul segera bisa kita laksanakan," imbuh Jokowi.

Jokowi menambahkan, Perpres itu menjadi payung hukum bagi menteri, gubernur, bupati, wali kota dalam menyiapkan anggaran untuk penguatan pendidikan karakter baik di madrasah maupun sekolah,

Perpres itu mengatur bahwa penguatan pendidikan karakter dilakukan di sekolah dan madrasah dalam bentuk intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Penguatan karakter itu dilaksanakan 6 atau 5 hari dalam seminggu.
 
sumber: kumparan.com
 








Inspirasi Lainnya
Tiga Bulan Lagi...
Tiga Bulan Lagi...
Senin, 23 September 2013 08:57 WIB
sygmadayainsani.co.id - Tiga Bulan Lagi... - Seorang kiai bertanya pada santrinya, Jika usiamu tinggal tiga bulan saja, hal apakah kiranya yang akan kamu lakukan? Ia tercenung, dan segera saja sederetan rencana-rencana nan muluk-muluk serta mulia melintas di benaknya. Bak puzzle, sepotong demi sep
Di Balik Daun yang Berserakan
Di Balik Daun yang Berserakan
Senin, 23 September 2013 07:25 WIB
sygmadayainsani.co.id - Di Balik Daun yang Berserakan - Dahulu, di sebuah kota di Madura, ada seorang nenek penjual bunga cempaka. Ia menjual bunganya di pasar, setelah berjalan kaki cukup jauh. Usai jualan, ia pergi ke Masjid Agung di kota itu. Ia berwudhu, masuk masjid, dan melakukan shalat Zuhur.
Fase Emas Tumbuh Kembang Anak Itu Bukan Hanya Sampai Usia Balita Tapi Hingga SMA
Fase Emas Tumbuh Kembang Anak Itu Bukan Hanya Sampai Usia Balita Tapi Hingga SMA
Rabu, 03 Agustus 2016 03:12 WIB
Kira-kira 7 tahun yang lalu saya pernah diwawancarai oleh salah satu media; yang bertanya tentang Golden Age atau Fese Emas Tumbuh kembang anak. Saya katakan bahwa fase itu mulai berlangsung sejak TK hingga SMA kelas 3. Sang reporter terkaget2 dengan penjelasan saya. Dia berkata, bukankah fase Emas yang kita pahami itu adalah Balita, Ayah ?
Mau Anak Rajin Solat? Ini 5 Cara Agar Anak Mau Solat 5 Waktu
Mau Anak Rajin Solat? Ini 5 Cara Agar Anak Mau Solat 5 Waktu
Kamis, 23 November 2017 11:20 WIB
Semua orang tau solat adalah tiang agama dan itu adalah kewajiban. Tapi berapa banyak orang yang melakukan solat sebagai bentuk rasa syukur karena Allah telah memberikan segalanya kepada kita. Ayah Bunda yang dirahmati Allah, betapa rindu dan bahagianya ya jika kita memiliki anak-anak yang rajin sholat. Subhanallah, anugrah yang luar biasa.

Perlu Bantuan?

Hai, Saya Arifunasiin Anda memerlukan bantuan saat belanja produk? Asisten belanja Anda siap membantu Anda, atau Anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang produk-produk kami silahakan hubungi saya.

Hubungi Saya Tentang Saya