Inspirasi
Banyak Yang Belum Tau Besok Ada Hajatan Nasional!

Banyak Yang Belum Tau Besok Ada Hajatan Nasional!
Buat Ayah Bunda yang belum tahu, besok tanggal 8 September, ada hajatan internasional. Ada apa sih tanggal 8 September? Besok adalah hari International Literacy Day atau di Indonesia disebut dengan Hari Aksara Internasional (HAI). 8 september diproklamasikan sebagai Hari Aksara Internasional pada 17 November 1965 oleh UNESCO. Hal ini dilatarbelakangi masih banyaknya individu dewasa yang buta aksara di seluruh dunia.

Buat Ayah Bunda yang belum tahu, besok tanggal 8 September, ada hajatan internasional. Ada apa sih tanggal 8 September? Besok adalah hari International Literacy Day atau di Indonesia disebut dengan Hari Aksara Internasional (HAI).
 
8 september diproklamasikan sebagai Hari Aksara Internasional pada 17 November 1965 oleh UNESCO. Hal ini dilatarbelakangi masih banyaknya individu dewasa yang buta aksara di seluruh dunia.
 
Adanya HAI ini diharapkan muncul kesadaran dari para pemimpin negara dan masyarakat di seluruh dunia untuk meningkatkan kesadaran akan banyaknya individu yang buta aksara. Selain itu juga dapat muncul beragam program atau proyek yang akan memberantas buta aksara di seluruh dunia.
 
Menurut Global Monitoring Report on Education for All yang dilakukan oleh UNESCO pada tahun 2006, daerah Asia Barat dan Selatan memiliki tingkat keaksaraan orang dewasa terendah (58,6%), diikuti oleh Sub-Sahara Afrika (59,7%), dan daerah Arab (62,7%).
 
Negara-negara dengan melek huruf terendah di dunia adalah Burkina Faso (12,8%), Nigeria (14,4%) dan Mali (19%). Dari laporan ini menunjukkan hubungan yang jelas antara tingkat buta huruf yang rendah di sebuah negara, dengan kemiskinan di negara tersebut.
 
Perayaan HAI di Indonesia dipusatkan secara bergilir di setiap provinsi. Pada tahun ini, Palu, Sulawesi Selatan menjadi tuan rumah untuk perayaan HAI ke-51 dengan tema “Aksara untuk Pembangunan Lingkungan”. Ini adalah upaya untuk meningkatkan dan memberi inspirasi untuk kualitas pendidikan keaksaraan sebagai pondasi pemberdayaan masyarakat.
 
Tema ini selaras dengan tema global yang diangkat oleh UNESCO Literacy and Suistainable Societies atau Keaksaraan untuk Masyarakat Berkelanjutan. Pesan dari tema ini adalah menunjukkan bahwa keaksaraan bukan sekadar prioritas pendidikan, tapi merupakan investasi yang penting bagi masa depan yang berkesinambungan.
               
Sumber: student.cnnindonesia.com








Inspirasi Lainnya
5 Tahapan Terapi Untuk Pecandu Rokok yang Mudah dan Murah
5 Tahapan Terapi Untuk Pecandu Rokok yang Mudah dan Murah
Jum'at, 21 April 2017 09:29 WIB
Hal utama yang menentukan apakah rokok bisa di tinggalkan atau tidak adalah keinginan, keputusan dan kehendak perokok itu sendiri. Merokok adalah kebiasaan yang bisa ditinggalkan. Menurut definisi WHO ketergantungan merokok adalah salah satu penyakit biasa yang bisa ditangani oleh dokter.
Tangisan Umar Bin Khatab
Tangisan Umar Bin Khatab
Jum'at, 24 November 2017 10:32 WIB
Umar Ibnul Khattab radhiallahu anhu adalah sosok yang memiliki tubuh kekar, watak yang keras dan berdisiplin yang tinggi serta tak kenal gentar. Namun di balik sifat tegasnya tersebut beliau memiliki hati yang lembut.
Nasihat Menyenangkan Dari Ali Bin Abi Thalib Tentang Kesedihan
Nasihat Menyenangkan Dari Ali Bin Abi Thalib Tentang Kesedihan
Jum'at, 30 Desember 2016 03:25 WIB
Setiap orang pasti pernah mengalami masa-masa sedih dan susah dalam hidupnya. Ada yang sedih karena hal-hal dunia, ada juga yang sedih karena hal-hal akhirat. Ini adalah nasihat dari Ali Bin Abi Thalib agar kesedihan tak terus merendung.
3 Amalan Ringan yang Mampu Menghapus Dosa
3 Amalan Ringan yang Mampu Menghapus Dosa
Rabu, 15 Maret 2017 09:58 WIB
Manusia setiap hari membuat dosa dan kesalahan, yang jika terus menumpuk akan merusak jiwanya. Akan tetapi Allah subhanahu wa ta’ala dengan kasih sayang-Nya, telah memberikan jalan bagi kita untuk memperbaiki diri kita di hadapan-Nya, dengan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajat kita.

Perlu Bantuan?

Hai, Saya Arifunasiin Anda memerlukan bantuan saat belanja produk? Asisten belanja Anda siap membantu Anda, atau Anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang produk-produk kami silahakan hubungi saya.

Hubungi Saya Tentang Saya