Inspirasi
Banyak Yang Belum Tau Besok Ada Hajatan Nasional!

Banyak Yang Belum Tau Besok Ada Hajatan Nasional!
Buat Ayah Bunda yang belum tahu, besok tanggal 8 September, ada hajatan internasional. Ada apa sih tanggal 8 September? Besok adalah hari International Literacy Day atau di Indonesia disebut dengan Hari Aksara Internasional (HAI). 8 september diproklamasikan sebagai Hari Aksara Internasional pada 17 November 1965 oleh UNESCO. Hal ini dilatarbelakangi masih banyaknya individu dewasa yang buta aksara di seluruh dunia.

Buat Ayah Bunda yang belum tahu, besok tanggal 8 September, ada hajatan internasional. Ada apa sih tanggal 8 September? Besok adalah hari International Literacy Day atau di Indonesia disebut dengan Hari Aksara Internasional (HAI).
 
8 september diproklamasikan sebagai Hari Aksara Internasional pada 17 November 1965 oleh UNESCO. Hal ini dilatarbelakangi masih banyaknya individu dewasa yang buta aksara di seluruh dunia.
 
Adanya HAI ini diharapkan muncul kesadaran dari para pemimpin negara dan masyarakat di seluruh dunia untuk meningkatkan kesadaran akan banyaknya individu yang buta aksara. Selain itu juga dapat muncul beragam program atau proyek yang akan memberantas buta aksara di seluruh dunia.
 
Menurut Global Monitoring Report on Education for All yang dilakukan oleh UNESCO pada tahun 2006, daerah Asia Barat dan Selatan memiliki tingkat keaksaraan orang dewasa terendah (58,6%), diikuti oleh Sub-Sahara Afrika (59,7%), dan daerah Arab (62,7%).
 
Negara-negara dengan melek huruf terendah di dunia adalah Burkina Faso (12,8%), Nigeria (14,4%) dan Mali (19%). Dari laporan ini menunjukkan hubungan yang jelas antara tingkat buta huruf yang rendah di sebuah negara, dengan kemiskinan di negara tersebut.
 
Perayaan HAI di Indonesia dipusatkan secara bergilir di setiap provinsi. Pada tahun ini, Palu, Sulawesi Selatan menjadi tuan rumah untuk perayaan HAI ke-51 dengan tema “Aksara untuk Pembangunan Lingkungan”. Ini adalah upaya untuk meningkatkan dan memberi inspirasi untuk kualitas pendidikan keaksaraan sebagai pondasi pemberdayaan masyarakat.
 
Tema ini selaras dengan tema global yang diangkat oleh UNESCO Literacy and Suistainable Societies atau Keaksaraan untuk Masyarakat Berkelanjutan. Pesan dari tema ini adalah menunjukkan bahwa keaksaraan bukan sekadar prioritas pendidikan, tapi merupakan investasi yang penting bagi masa depan yang berkesinambungan.
               
Sumber: student.cnnindonesia.com








Inspirasi Lainnya
Inilah Para Peraih Penghargaan di Annual Meeting 2014
Inilah Para Peraih Penghargaan di Annual Meeting 2014
Jum'at, 21 Februari 2014 08:32 WIB
sygmadayainsani.co.id - Inilah Para Peraih Penghargaan di Annual Meeting 2014. Program Annual Meeting 2014 yang diselenggarakan Sygma Daya Insani (SDI) di Singapura dan Malaysia, selain ajang silaturahmi antara direksi dengan karyawan dan awak sales sebagai ujung tombak penjualan produk SDI, juga di
4 Alasan Pentingnya Berkisah Untuk Tumbuh Kembang Anak
4 Alasan Pentingnya Berkisah Untuk Tumbuh Kembang Anak
Jum'at, 12 Mei 2017 09:01 WIB
Ayah Bunda tanggal 20 Maret lalu diperingati sebagai Hari Dongeng Sedunia. Dengan berkembangnya teknologi, dongeng mulai banyak ditinggalkan orang. Padahal, mendongeng sebenarnya memiliki pengaruh besar terhadap tumbuh kembang anak, bahkan bisa membentuk sikap seorang anak. Oleh karena itulah, Hari Dongeng Sedunia ini diperingati setiap tahun agar orang kembali tertarik untuk mulai mendongeng.
Hadiah Kesabaran Seorang Ibu yang Ditinggal Suami dan Ekonomi Kurang
Hadiah Kesabaran Seorang Ibu yang Ditinggal Suami dan Ekonomi Kurang
Rabu, 26 Oktober 2016 03:44 WIB
Ibnu Qayyim Al Jauziah berkata, “Allah akan menagih tanggung jawab orang tua terhadap anaknya. Siapa yang meremehkan pendidikan dan menelantarkan begitu saja, berarti ia telah gagal. Kebanyakan perilaku buruk anak bersumber dari kesalahan orang tua”. Berikut adalah kisah keberhasilan Ummu Khalid dalam mendidik anak untuk lebih dekat dengan Allah.
Tips Agar Membaca Sirah Lebih Menyenangkan Untuk Anak
Tips Agar Membaca Sirah Lebih Menyenangkan Untuk Anak
Rabu, 19 Juli 2017 09:48 WIB
Membaca sirah nabawi merupakan aktifitas yang menyenangkan, bagi saya seorang ibu yang baru saja bergabung menjadi sahabat sygma, saya sudah mengincar buku ini sejak beberapa waktu yang lalu. Alhamdulillah, akhirnya berkesempatan untuk mengenalkan Rosulullah SAW, junjungan kita yang mulia ke anak-anak lewat buku Muhammad Teladanku

Perlu Bantuan?

Hai, Saya Arifunasiin Anda memerlukan bantuan saat belanja produk? Asisten belanja Anda siap membantu Anda, atau Anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang produk-produk kami silahakan hubungi saya.

Hubungi Saya Tentang Saya